Mengenai Saya

Foto saya
Pembibitan Hijauan Pakan Ternak Spesialis rumput odot, rumput gajah, dan indigofera yang berlokasi di Kabupaten Semarang Jawa Tengah HP / WA : 0859 5066 5777

Sabtu, 11 Februari 2017

Pengecambahan Indigofera

Semakin meroketnya animo masyarakat peternak untuk menggunakan Indigofera membuat tanaman ini menjadi terkenal. Salah satu yang masih menjadi kendala yaitu proses pembuatan kecambah Indigofera yang sebenarnya mudah untuk dilakukan. Berikut ini adalah cara bagaimana membuat kecambah Indigofera.
  • Menyiapkan benih
Benih yang dipilih sebaiknya benih yang benar-benar tua, biasanya didapatkan dari proses pemanenan ke 3, jemur dahulu benih yang akan dikecambahkan  sehingga benar-benar kering.
  • Merebus benih
Benih yang telah dijemur selanjutnya direbus dalam suhu 70 derajat celcius selama setengah jam, untuk membuka pelindung bijinya sehingga mudah untuk berkecambah.Pilih biji yang tenggelam untuk dijadikan benih karena kualitasnya bagus, kemudian ditiriskan untuk proses selanjutnya.
Pemilihan Biji yang Terapung
Proses Penirisan Setelah Perebusan

  • Pemeraman benih
Setelah selesai direbus biji kemudian ditiriskan dan diperam menggunakan kain agar mampu berkecambah. Proses pemeraman ini dilakukan selama 2 sampai 3 hari pada suhu kamar.

Hasil Pemeraman Selama 2 Hari
Video proses perebusan biji Indigofera


Hasil Pembenihan Indigofera



Tidak ada komentar:

Posting Komentar